Web Based Lesson Tabung

RPP TABUNG SMP KELAS IX SEMESTER I

Sekolah : SMP

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : IX / I

Alokasi Waktu : 1 x 45 menit

Standar Kompetensi :

Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya.

Kompetensi Dasar:

2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola

2.2 Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola.

Indikator:

1. Menyebutkan apa-apa saja yang termasuk dalam unsur-unsur tabung

2. Menggambarkan jaring-jaring tabung

3. Menghitung luas permukaan tabung

4. Menghitung volume tabung

A. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa mampu menyebutkanapa saja  unsur-unsur tabung

2. Siswa mampu menggambarkan jaring-jaring tabung

3. Siswa mampu menghitung luas permukaan tabung

4. Siswa mampu menghitung volume tabung

B. Materi Pembelajaran

Unsur-unsur tabung, jaring-jaring tabung, luas permukaan tabung dan volume tabung.

C. Metode Pembelajaran

Tanya jawab, dan diskusi kelas.

D. Langkah-langkah Pembelajaran

I. Kegiatan Awal

1. Menjelaskan tujuan pembelajaran

2. Mengingatkan kembali tentang bangun ruang sisi datar yang berhubungan dengan materi ini

3. Motivasi

II. Kegiatan Inti

1. Guru memberikan pemanasan dengan menanyakan hal-hal ringan seputar tabung yang ada dilingkungan sekitar siswa. Seperti hal-hal berikut:

aldidp

                                                          aldidp.blogspot.com

alvian

                                            alvianhidayat23.wordpress.com

tabung

                                http://sen1rupa.blogspot.com/2011_07_01_archive.html

                                      polpp

                                                     polppkotatarakan.blogspot.com

2. Guru menjelaskan materi tentang tabung, seperti berikut:

Untuk lebih memahami pembahasan kita mengenai tabung, berikut ini terdapat  pengertian, sifat dan unsur dari tabung:

a. Pengertian Tabung

Dalam geometritabung atau silinder adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh dua buah lingkaran identik yang sejajar dan sebuah persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran tersebut. Tabung memiliki 3 sisi dan 2 rusuk. Kedua lingkaran disebut sebagai alas dan tutup tabung serta persegi panjang yang menyelimutinya disebut sebagai selimut tabung.

b. Sifat-Sifat Tabung

·         Bidang alas dan bidang atas berupa lingkaran dengan jari – jari yang sama.

·         Tinggi tabung adalah jarak antara titik pusat lingkaran alas dan titik pusat    lingkaran atas.
c. Unsur-Unsur Tabung
Gambar dibawah ini menunjukkan sebuah tabung yang terbentuk dari sebuah segi empat ABCD yang diputar terhadap sumbu AD sejauh 3600, atau satu putaran penuh.

jaring2

Unsur-unsur tabung:

  1. Ada dua sisi, yaitu sisi alas dan sisi atas yang sama bentuk dan ukuran serta sejajar, masing-masing berbentuk lingkaran yang berpusat di A dan D.
  2. Jarak alas dan tutup disebut tinggi tabung. Tinggi tabung dinotasikan dengan t.
  3. Jari-jari lingkaran dari alas dan tutup adalah AB, sedangkan diameter nya BB’ =2AB. Jari-jari tabung dinotasikan dengan r, sedangkan diameter tabung dinotasikan dengan d.
  4. Selimut tabung merupakan bidang lengkung.

Lalu seperti apa jaring-jaring tabung itu?, berikut adalah jaring-jaring tabung dengan panjang = keliling alas tabung = 2πr dan lebar = tinggi tabung = t. Serta dua buah lingkaran berjari-jari r.

jar2

Bentuk-bentuk bangun ruang tabung memang sangat banyak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti tabung gas, drum minyak, kaleng roti, kaleng susu dan masih banyak yang lainnya. Karena banyak nya benda-benda disekitar kita yang berbentuk tabung, maka dari itu kita juga perlu untuk mengetahui berapa volume dan luas permukaan tabung agar kita dapat dengan mudah menggunakan benda-benda tersebut.

3. Guru menunjukkan video tentang luas permukaan dan volume tabung, seperti berikut:

Video berikut ini akan menunjukkan pada kalian bagaimana menghitung luas permukaan dan volume dari tabung sekaligus contoh soal:

Sumber: http://www.youtube.com/watch?v=mpACCkhsySU

Dari Video tersebut dapat disimpulkan bahwa, rumus luas permukaan dan volume tabung yaitu:

Sedangkan volume balok:

4. Guru memberikan lembar kerja kepada siswa untuk didiskusikan kepada teman sebangku. Klik lembar kerja siswa.

5. Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan hasil belajar yang telah dilakukan.

III. Penutup

1. Kegiatan Refleksi

2. Guru memberikan soft copy Ppt tentang tabung untuk dipelajari di rumah sekaligus coba memecahkan masalah yang ada di dalam Ppt tersebut.

Sumber: http://www.slideshare.net/pisariska/ppt-tabung-22578003#

E. Sumber Belajar

Buku cetak kelas IX, internet dan Ppt.

F. Penilaian

1. Keaktifan Siswa

2. Tes tertulis

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Tabung_(geometri)

http://nindaayuasmara.blogspot.com/2013/01/pengertian-rumus-sifat-sifat-tabung.html

http://hlistiya.blogspot.com/2012/06/unsur-unsur-dan-sifat-sifat-tabung.html

http://konseptabung.blogspot.com/p/menghitung-luas-permukaan-tabung.html

http://www.slideshare.net/ummirachmawati7/ppt-balok

http://garda-pengetahuan.blogspot.com/2013/03/rumus-volume-tabung.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s